Hal-Hal Yang Menjadi Penghalang Penyandang Disabilitas Untuk Mendapatkan Sebuah Pekerjaan

Di zaman globalisasi atau yang lebih kita kenal dengan istilah era milenial ini, kita mengalami perubahan yang sangat cepat dan signifikan pada kehidupan bermasyarakat. Perubahan ini mencakup seluruh lapisan masyarakat, termasuk penyandang disabilitas. Disabilitas berarti memiliki keterbatasan fisik, mental, kognitif, emosional, motorik atau pengembangan dari semua kondisi tersebut cek refrensi kami.

Di era milenial ini, persaingan semakin sulit, perubahan juga makin cepat terjadi. Mendapatkan pekerjaan bukanlah yang mudah untuk kita, terlebih lagi untuk penyandang disabilitas. Ada beberapa hal yang dapat menjadi penghalang bagi para penyandang disabilitas untuk mendapatkan pekerjaan:

– Fasilitas yang terbatas
Fasilitas menjadi salah satu penilaian penting yang membuat suatu perusahaan tidak dapat mempekerjakan penyandang disabilitas. Contohnya jika Anda bekerja di perusahaan dengan bangunan bertingkat dan tidak memiliki lift, sedangakan Anda menggunakan kursi roda, tentu saja hal ini akan membuat Anda kesulitan untuk menjangkau ruangan Anda. Jika Anda mendapatkan pekerjaan di gedung bertingkatm, Anda perlu memastikan bahwa perusahaan itu memiliki lift.

– Akses yang terbatas

Jika Anda ingin mendapatkan pekerjaan,para penyandang disabilitas memiliki ruang gerak yang terbatas. Ada beberapa perusahaan yang hanya merekrut seseorang yang memiliki kesehatan jasmani dan rohani. Hal ini tentu menutup akses pekerjaan bagi para penyandang disabilitas.

– Lingkungan yang tidak ramah disabilitas

Lingkungan adalah hal yang sangat berpengaruh utnuk semua orang, termasuk penyandang disabilitas. Kenyataannya di Indonesia, masih banyak orang-orang yang memandang penyandang disabilitas dengan sebelah mata, mereka berpikir bahwa penyandang disabilitas tidak dapat melakukan pekerjaan mereka. Untuk membuat penyandang disabilitas maju dan berkembang, tentunya mereka perlu lingkungan yang mendukung dan bisa memberikan energi positif.

Berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menciptakan suasana kerja yang kondusif

Jangan menganggap orang membutuhkan bantuan. Tanyakan apakah mereka membutuhkan sesuatu untuk membuat pekerjaan mereka lebih efektif atau lebih mudah. Mereka adalah orang yang paling tahu apa yang mereka butuhkan. Jika mereka memang meminta bantuan, mintalah instruksi khusus tentang bagaimana Anda dapat membantu.

Berbicara dengan jelas, dengarkan baik-baik
Jika Anda bekerja dengan seseorang yang memiliki masalah kognitif, gunakan kalimat yang jelas, kata-kata sederhana dan konsep yang nyata. Ukur kecepatan, kompleksitas, dan kosa kata Anda agar sesuai dengan pemahaman mereka. Izinkan orang dengan gangguan bicara menyelesaikan kalimatnya terlebih dahulu, jangan pernah menyela ucapan mereka.

Buat kontak mata dan berbicara dengan orang tersebut secara langsung, bahkan jika perawat mereka ada bersama mereka. Ketika seseorang yang tuli memiliki juru bahasa. Saat ini terjadi, fokuskan interaksi Anda dengan pengguna. Jika Anda akan berbicara dengan orang yang menggunakan kursi roda, duduklah. Jangan berbicara sambil berdiri, sehingga mereka yang menggunakan kursi roda tidak perlu merenggangkan leher mereka untuk berbicara dnegan Anda.